Lemak - Royal Canin

Lemak

Lemak

Penting untuk anjing dan kucing

Dibanding kucing, secara alami anjing lebih tertarik pada makanan yang kaya lemak. Tetapi bila hewan tidak mendapatkan banyak latihan fisik, jumlah lemak yang diberikan dalam makanan harus dibatasi. Bila tidak ada pengaturan lemak yang ketat, dapat menyebabkan obesitas. Hewan tetap memerlukan lemak dalam makanan karena menghasilkan energi dan mengandung asam lemak esensial.

Lipid merupakan keluarga zat organik, dan lebih dikenal sebagai lemak. Asam lemak dan gliserol, yang bersama-sama membentuk trigliserida, adalah elemen utama Lipid. Lipid mungkin berbentuk sederhana (trigliserida,wax) atau kompleks (mengandung banyak unsur lain). Contohnya membran sel yang terdiri dari fosfolipid.

Lemak merupakan patokan sumber energi untuk anjing dan kucing. Oksidasi 1 gram lipid menhasilkan  sekitar 9 kkal energi metabolis, dua setengah kali lebih banyak dari yang dihasilkan 1 gram karbohidrat atau protein.

Beberapa asam lemak – dianggap esensial/ penting - juga memiliki peran struktural untuk sel atau bertindak sebagai prekursor hormon yang berasal dari lemak. Makanan yang kaya lemak hewan  adalah mentega, lemak, lemak babi, telur, unggas lemak, minyak ikan sedangkan makanan yang kaya lemak nabati contohnya minyak, minyak sayur.

  • facebook
  • twitter