Memberi makan anjing - Royal Canin
Memberi makan anjing

Diet untuk masing-masing anjing

Anjing mempunyai kebutuhan nutrisi yang berbeda dengan manusia. Artinya, itu bukan hal yang baik baginya untuk makan "seperti tuannya." Asupan hariannya harus seimbang, dan mencakup semua nutrisi penting untuk kesehatannya, dengan mempertimbangkan fitur khusus nya: ras, ukuran, umur dan aktivitas. Keseimbangan inilah yang berusaha untuk dipenuhi semaksimal mungkin oleh Nutrisi Kesehatan.

Manusia  yang merupakan omnivora, tubuhnya telah disesuaikan dengan makanan beragam seperti daging, sayuran dan buah. Anjing memiliki jumlah flora usus  jauh lebih sedikit, 1.000 kali lebih sedikit. Berdasarkan hal inilah, adalah suatu kesalahan serius memberi makan anjing seperti makanan manusia.

Selain harus memenuhi semua kebutuhannya, tanpa kekurangan atau kelebihan, untuk memastikan ia tetap fit, penuh energi sepanjang hidupnya, Gizi Kesehatan memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya sesuai dengan ukuran, usia, kondisi fisiologis ( normal atau disterilisasi ...) dan aktivitasnya, tetapi juga untuk kepekaan khusus untuk setiap populasi anjing. Ada hampir 400 ras yang memperlihatkan keragaman ras anjing.

Berdasarkan ukuran tubuhnya

Berat badan setiap ras anjing sangat bervariasi. Mulai dari  Chihuahua seberat 1 kg hingga Saint Bernard dengan berat 100 kg atau lebih. Perbedaan ini juga menghasilkan perbedaan morfologi, fisiologi, metabolisme dan perilaku, dengan konsekuensi besar pada kesehatan dan diet. 

Semakin besar ukuran anjing saat dewasa, kebutuhan energy per kilogramnya semakin berkurang.Artinya, anjing ras kecil harus menerima makanan dengan energi yang lebih tinggi-dan lemak-konsentrasi, daripada anjing ras MEDIUM. Pada anjing ras besar, peningkatan kepadatan energi memungkinkan untuk mengurangi volume makanan dan mengimbangi terbatasnya kapasitas pencernaan. Peningkatan konsentrasi energi juga berarti peningkatan konsentrasi protein, mineral, vitamin ... Adapun bentuk kibble dan tekstur, harus sesuai dengan ukuran, bentuk dan kekuatan rahang  agar anjing lebih mudah makan, tanpa pemborosan, dan mendorong aktivitas mengunyah.

Berdasarkan aktivitasnya

Seekor anjing pekerja (working dog), seperti misalnya anjing pemburu (hunting dog ) atau anjing penyelamat(rescue dog),  mempunyai kebutuhan gizi yang  berbeda dari anjing perkotaan yang  hanya berjalan-jalan dua kali sehari. Faktanya adalah, dalam ras yang sama perbedaan kebutuhan energy dapat ditemukan antara juara kontes kerja (working champions)  dan juara kontes kecantikan (beauty champions). Ini bukan soal fashion, tapi spesialisasi.

Seekor anjing betina yang sedang bunting memerlukan lebih banyak protein, energi dan mineral pada awal minggu ke-6 kehamilan. Kemudian, pada saat menyusui kebutuhan nutrisinya juga meningkat lebih banyak lagi. Seekor induk anjing dengan berat 25 kg yang telah melahirkan 6 anak anjing akan mencapai produksi susu maksimum, 2 liter sehari, ketika anak-anaknya berumur 3 minggu. Hanya diet khusus yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Berdasarkan gaya hidup (lifestyle)

Anjing tertentu, terutama ras kecil, memiliki gaya hidup "Indoor", eksklusif perkotaan dan sebagian besar hidup di dalam ruangan. Risiko kelebihan berat badan  menjadi hal yang harus diperhatikan bagi anjing-anjing ini. Mereka juga lebih sedikit bergerak dan hubungan dekat dengan pemilik menimbulkan Godaan untuk "memanjakan" sehingga menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi. 

Nutrisi Kesehatan makanan yang dirancang anjing Indoor MINI dan disediakan dalam jumlah yang direkomendasikan memungkinkan untuk mencegah risiko ini dan mempertahankan berat badan serta  kebugaran mereka. Adapun hadiah berupa makanan, sebaiknya harus dihindari, kecuali jika makanan tersebut masuk dalam perhitungan  kebutuhan asupan makanan sehari-hari.

Berdasarkan umurnya

Sebelum mencapai usia tua, anjing mencapai usia kematangan (maturity).Ketika tanda-tanda penuaan belum terlihat, sebaiknya untuk  menemani kedewasaan ini  diberikan makanan sehat yang banyak mengandung Gizi anti-penuaan yang akan membantu dia mempertahankan vitalitas dan melawan efek penuaan sel.

 Ketika anjing telah menghabiskan 75 sampai 80% dari harapan hidup, ia kemudian dapat benar-benar dianggap sebagai tua (senior). Nutrisi Kesehatan mungkin memiliki peran preventif dalam banyak kasus penyakit kronis yang menyertai penuaan, atau memungkinkan untuk membatasi gejala klinis penyakitnya.Vitamin E dan vitamin C, taurin, lutein dan betacarotene, mendukung sistem kekebalan tubuh alami anjing tua bila diberikan dalam jumlah yang tepat. Asam lemak esensial dalam minyak ikan (omega 3) dan borage (omega 6) berkontribusi untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Anjing senior berbeda dengan anjing dewasa. Diet anjing senior yang sehat harus dibedakan dari yang dari anjing senior yang sakit. Pemeriksaan hewan rutin sangat diperlukan.Untuk mendeteksi sedini mungkin  gangguan tubuh yang mungkin terjadi pada ginjal, jantung,dll.

  • facebook
  • twitter