Cari ras anjing - Royal Canin
Home Anjing Anjing Cari ras anjing

Cari ras anjing

Cari ras anjing

Anjing merupakan wujud hewan peliharaan yang terbaik. Sebuah simbol pengabdian dan loyalitas, dan sangat dekat dengan manusia, anjing mempunyai keragaman yang luar biasa, dengan hampir 400 ras.

Selama hampir 15.000 tahun, anjing telah berada di sisi manusia dan merajut ikatan yang sangat erat dengan manusia. Apakah anjing pekerja (utility) atau anjing kesayangan (companion), anjing semakin dekat dengan manusia.Selama berabad-abad, manusia telah banyak berkontribusi untuk membuat jenis anjing berkembang dengan memilih mereka sesuai dengan kemampuan mereka atau bentuki mereka. Dengan lebih dari 400 ras, anjing menawarkan keragaman ukuran, jenis rambut, sosok dan bentuknya.

Ras anjing yang tepat

Membeli anjing ras berarti memastikan bahwa, ketika anak anjing telah menjadi dewasa, ia akan menunjukkan ciri-ciri fisik dan perilaku yang diharapkan sebagai hasil seleksi yang dilakukan oleh peternak sebagai seorang profesional. Bagi banyak pemula, penampilan fisik ras sering menjadi pemicu "cinta pada pandangan pertama," wajah imut nya, sosoknya, rambut, ukuran tubuhnya. Namun, di luar aspek fisik, setiap jenis memiliki ciri perilaku yang harus diketahui sebelum menentukan pilihan. Karena itu, penting untuk mengumpulkan informasi dan bertanya/berdiskusi dengan klub anjing ras dan peternak yang mungkin ditemui dalam berbagai pameran/kontes anjing (dog show).

Hidup bersama secara harmonis

Perilaku anjing dibentuk sebelum, selama dan sesudah kelahirannya. "Sebelum" berarti tergantung  genetik. "Selama" berarti periode kunci dari lahir sampai hari ketika anak anjing meninggalkan kandang untuk bergabung dengan  keluarga barunya. "Setelah" berarti lingkungan baru anak anjing. Dengan kata lain, sebagian besar perilaku anjing terbentuk dalam enam bulan pertama sebelum kedatangannya. Interaksi antara gen, lingkungan dan pengalaman tertentu seperti kedatangan ke rumah baru dan jalan-jalan pertama, membentuk perilaku anak anjing. Namun demikian , apa pun ukurannya, apapun jenisnya, tanpa pelatihan yang memadai menunjukkan siapa “tuan”  di rumah, anjing akan menjadi dominan dan melanggar aturan. Menghadiri klub pelatihan anjing adalah cara terbaik untuk memahami  perilaku anjing, kebutuhan  anjing dan cara berinteraksi dengan anjing agar dapat hidup bersama dengan harmonis.

Anjing yang hidup di perkotaan atau pedesaan

Apakah mereka anjing pemburu (hunting dog), anjing penjaga (guard dog) or atau anjing kesayangan (companion dog), anjing ras memiliki asal-usul sejarah serta peran yang penting dalam kehidupan manusia. Sebagian besar ras anjing ini  sekarang hidup di daerah urban (perkotaan) dengan syarat tetap melakukan kegiatan jalan-jalan setiap hari minimum 30 menit beberapa kali sehari dan perhatian yang diberikan tidak terbatas hanya pada memberikan makanan sehari-hari anjing.

Namun, ras anjing tertentu tidak cocok untuk kehidupan kota dan mempunyai risiko menderita gangguan akibat kurangnya aktivitas fisik. Seperti Border Collie,  lahir untuk menggembala, atau  Siberian Husky, dikondisikan untuk hidup dalam kawanan dan menarik beban di cuaca dingin.

Namun, siapa yang menyangka bahwa Yorkshire Terrier yang awalnya digunakan untuk berburu tikus di pertambangan  Inggris akan menjadi dalam satu ras anjing mini populer di abad ini. Namun demikian, ia tetap "terrier" sejati, diberkahi dengan temperamen tegas. Dimanapun tinggalnya, apakah di kota atau pedesaan, anjing penggembala (shepherd dog) cenderung tetap jadi penjaga dan waspada. Anjing Irish Setter, dengan penciuman selau “waspada”  mampu berlari dengan cepat dari tempatnya ke daerah hutan terdekat dan “menunjukkan”  lokasi buruan dan Retriever akan bersikeras mengambil sesuatu benda dan memberikan suatu benda kepada pemiliknya.

Kelompok Anjing yang berbeda

Pada awal zaman Romawi, anjing dikelompokkan sesuai dengan kemampuan mereka. Sebuah pembeda dibuat antara anjing  gembala (shepherd dog), anjing pemburu (hunting dog) dan anjing rumahan (house dog). Pada abad kedelapan belas, Buffon (Naturalis Perancis Georges-Louis Leclerc, comte de Buffon) mencoba untuk mengklasifikasikan anjing sesuai dengan bentuk telinga mereka. ia membedakan anjing menjadi 30 ras dengan telinga berdiri (pricked ears), telinga menggantung (floppy ears)  atau telinga setengah menggantung (half floppy ears), sementara Cuvier (George cuvier ahli zoologi dan naturalis Perancis)  menyarankan membagi spesies anjing menjadi  anjing penjaga (guard dog), anjing mastiffs  atau Spaniel,  berdasarkan bentuk tengkorak.

Sejak tahun 50-an, Fédération Internationale Cynologique (FCI) telah membuat dasar klasifikasi ras anjing menjadi 10 Grup. Sebuah grup didefinisikan sebagai "sekumpulan ras anjing yang memiliki kesamaan sejumlah karakter yang diturunkan" . Misalnya, individu yang masuk dalam grup pertama, anjing gembala (Shepherd dogs), meskipun ada perbedaan morfologi, semuanya menunjukkan insting alami sebagai penjaga kawanan hewan ternak.

Grup  1: Anjing gembala (shepherd dog) dan penggiring ternak (herding dog) (Swiss Bouvier  tidak termasuk kelompok ini).

Grup  2: Jenis Pinscher dan Schnauzer.  Anjing pegunungan (mountain dog) dan anjing Bouviers Swiss.

Grup 3: Terrier

Grup 4: Dachshund

Grup 5: Anjing Spitz dan jenis primitif

Grup 6: Hounds, anjing pelacak (bloodhounds) dan kerabatnya

Grup 7: Anjing Penunjuk (pointing dog)

Grup 8: Pertandingan menemukan dan menggiring unggas buruan ke arah pemburu (flushing game) dan menemukan dan membawa buruan yang sudah ditembak     (retriever), anjing air (water dogs)

Grup 9: Anjing untuk Kesenangan dan kesayangan (pleasure & companion dog)

Kelompok 10: anjing balap (Racing hound)



Temukan lebih dari 300 ras

  • facebook
  • twitter