Anjing penyelamatan - Royal Canin

Anjing yang melayani manusia

Anjing penyelamatan

Anjing pahlawan

Sejak didomestikasi, anjing telah banyak membantu manusia di berbagai bidang, dari berburu, menjaga  hingga menggiring kawanan ternak.Selama tahun-tahun belakangan, anjing juga telah melakukan lebih banyak hal:

Anjing pencari di longsor salju (avalanche dog)

Anjing pencari di longsor salju adalah salah satu bidang yang langka dalam kegunaan anjing untuk pertolongan pertama. Ada kebutuhan mendesak untuk anjing di bidang ini.Penciuman yang sensitif, kecepatan dan kegigihan menempatkannya di garis terdepan. Anjing ini juga termasuk dalam grup yang juga  penyelidik (prober) dan penggali (digger). Tim bekerja secara simultan, tetapi anjing-anjing ini memiliki prioritas bekerja pada dataran bersalju.

Mengapa anjing menjadi andalan utama? Faktor waktu menjadi pertimbangan utama, karena semakin cepat longsoran salju dieksplorasi, semakin individu yang bisa diselamatkan. Di sinilah peran anjing jadi sangat penting: kemampuannya explorasinya di salju sama dengan di daratan normal. Pendeteksian area sekitar 1 hektar oleh 20 petugas patroli ski membutuhkan 20 jam untuk mencapai hasil 100%, sementara anjing, untuk hasil yang sama, hanya memerlukan waktu 2 jam. 

Anjing pelacak

Pelacakan terdiri dari mencari individu atas dasar satu atau lebih petunjuk bau (bau jejak, benda, petunjuk lainnya ...). Tujuannya untuk menemukan satu atau beberapa orang, atau untuk mendeteksi benda atau peralatan yang  hilang atau tersembunyi di lapangan atau di daerah sekitarnya, atau bahkan hanya untuk menunjukkan arah. Pada setiap saat, tubuh seseorang mengeluarkan partikel bau. Pola yang akan dikenali anjing terdiri dari serangkaian faktor: bau spesifik (khusus untuk individu, kelompok, spesies), bau bahan kimia (kulit, lemak, pakaian), elemen yang rusak di lapangan ( tanaman terinjak-injak, bakteri terekspos ke permukaan karena di tanah terbuka ...), habitat (kayu, padang rumput, tanaman alfafa, pertanian ...), termasuk juga kondisi cuaca. Kompleksitas pelacakan memerlukan pelatihan khusus untuk semua anjing yang tidak reseptif. Seleksi anjing yang berbakat merupakan hal yang penting. Anjing yang dipilih harus mempunyai kualitas berikut: kemampuan penciuman berkembang, kemampuan konsentrasi yang kuat, penting agar tidak terganggu bau parasit dan lingkungan (fokus perhatian dan presisi jalur pelacakan), dinamisme, stamina, kokoh dan tahan banting;hal lain yang penting adalah keberanian dan ketidakpedulian terhadap suara senjata api.

Anjing Pencari (search dog)

Pencarian adalah salah satu cabang disiplin dalam pelatihan anjing yang bertujuan untuk mencari orang hilang. Secara sederhana disiplin ini bagian dari pelacakan (tracking). Namun caranya berbeda: anjing dihadapkan pada satu objek referensi, atau area potensial. Anjing dibiarkan pergi, tanpa rantai atau tali. Tugasnya mencari bau spesifik dalam daerah tertentu Seperti mencari sesuatu di dalam longsoran salju atau reruntuhan.

Anjing penyelamatan di laut (sea rescue dog)

Seperti dalam setiap cabang disiplin penyelamatan, anjing memainkan peran tambahan yang penting berkat kemampuan fisiknya dan tekad yang kuat. Newfoundland merupakan ras favorit bagi penyelamatan di daerah laut dan air. Trah ini menyajikan banyak kualitas sering digunakan dalam penyelamatan di laut dan air:

  • kekuatannya: bisa menarik beberapa orang atau perahu  dengan berat beberapa ton;
  • daya tahan tubuhnya: dapat berenang selama beberapa jam dan jarak jauh;
  • tahan terhadap suhu dingin yang membuatnya bisa setiap saat  berenang dalam air dingin tanpa persiapan , sementara seorang penyelam perlu waktu sekitar 5 menit untuk persiapan;
  • Ketenangan dalam keadaan apapun, cukup  untuk menenangkan beberapa korban kapal karam;
  • Kegigihan, sehingga tidak akan pernah meninggalkan misinya;
  • Ketersediaan, tidak membutuhkan peralatan.

Anak anjing yang akan digunakan untuk penyelamatan laut dan air direkrut  dengan standar dinamika otot yang kuat dan struktur tulang yang kuat, diperiksa secara sistematis menggunakan sinar-X, termasuk juga pemeriksaan induknya terhadap resiko menurunkan penyakit  hip displasia.

Anjing pencari di Puing-puing (rubble search dog )

Peran anjing ini tidak terbatas pada saat setelah gempa bumi besar saja. Pada longsor dan bangunan runtuh  setelah kebakaran, pertambangan, kecelakaan kereta api atau pesawat terbang juga bisa digunakan.

selama Perang Dunia Kedua, di Inggris, setelah pemboman, anjing ini digunakan untuk pertama kalinya untuk menemukan orang-orang terjebak di bawah reruntuhan. Pada awal tahun 1954, cari pusat pelatihan anjing didirikan di Amerika Serikat, di Jerman, dan Swiss. Anjing-anjing Swiss adalah yang pertama yang  terkenal secara internasional setelah gempa bumi tahun 1976 di Frioul, Italia, pada.  12 anjing yang digunakan berhasil menemukan 42 korban selamat  dan  510 korban meninggal.

Sejak itu, setiap bencana seperti ini, terutama 11 September 2001, banyak liputan media untuk keberanian dan keuletan dari tim anjing ini.

Seperti pekerjaan lain yang berhubungkan anjing dan manusia,diperlukan  suatu kedekatan kompleks antara tuan dan anjingnya. Orang mengarahkan anjing untuk melakukan pencarian hewan, harus mengenalnya anjingnya dengan baik, bisa "membaca" anjingnya di reruntuhan dan waspada terhadap semua reaksinya. Sementara anjingnya, sama, ia harus percaya pada tuannya untuk mengikutinya kemanapun ia pergi, apa pun kesulitan yang dihadapi di lapangan. Tingkat  kedekatan seperti ini membutuhkan persiapan panjang. Anjing-anjing yang digunakan untuk pencarian puing-puing harus memiliki daya penciuman yang baik, temperamen tenang dan seimbang dengan energy yang melimpah. Mereka juga harus bisa bersosialisasi dengan manusia dan sesama anjing.  Keinginan untuk bermain juga penting untuk proses belajar anjing-anjing ini. Ras yang paling sering digunakan adalah ras anjing gembala (shepherd dog), terutama German dan Belgian shepherd.

Video

Asal usul anjing

Beberapa hipotesis telah diajukan mengenai asal-usul domestikasi anjing yang terjadi sekitar lima belas ribu tahun  lalu.  Serigala telah memilih untuk lebih dekat dengan manusia dalam rangka mengambil keuntungan dari sisa-sisa makanan manusia atau agar anaknya diadopsi oleh manusia. Semua hipotesis ini masuk akal.

Semua video :

Foto

  • facebook
  • twitter