Home Anjing Anak anjing Pertumbuhan, tahap kunci Memberi makanan yang cukup
Memberi makanan yang cukup

Memberikan makanan yang tepat untuk anjing anda

Pada anjing, tahap pertumbuhan adalah periode fisiologis paling sulit dalam hidupnya, karena begitu cepat dan intens. selama periode ini bentuk(morfologi) dari anjing dewasa dan harmoni dari sosoknya ditentukan. Makanan memainkan peran utama dalam pembentukan ini.

Makanan selama masa pertumbuhan mengkondisikan  kesehatan anjing di masa depan. Pemenuhan kebutuhan gizi anak anjing yang sedang tumbuh memungkinkan untuk mengamankan tahap penting dalam hidupnya. Sebagai aturan umum, diet anak anjing tidak berlebihan atau kekurangan, sesuai dengan kebutuhan khusus dari spesies anjing, juga mempertimbangkan jenis dan keragaman ukuran anjing dan kemampuan anak anjing untuk mencerna nutrisi dengan baik.

Makanan dirancang khusus sesuai dengan ukuran

As far as nutrition is concerned, breed size is an essential element. At three months of age, a Fox Terrier puppy weighs 2 to 3 kg while a giant breed puppy weighs some twenty kilos: the difference in size is an obvious fact, especially as regards jaws. While a growth dry food is best suited for the puppy because of its composition, a medium-sized kibble will cause prehension difficulties for the former, and wastage for the latter. It is therefore wise to choose kibbles with sizes and textures to suit the jaws and dentitions of small-, medium- or large-sized puppies.

Besides, the differences in puppy sizes imply different sensitivities. For instance, while overfeeding accelerates growth in a large breed puppy and predisposes him to suffer from osteoarticular problems, in a small dog it might stimulate the installation of an overweight condition at adulthood. An energy level that’s well calibrated in accordance with the puppy’s size and requirements, and adherence to correctly based food intakes enable to act preventively against the risk of excess weight.

Dalam hal nutrisi, ukuran ras anjing adalah elemen penting. Pada usia tiga bulan, anjing Fox Terrier beratnya 2 - 3 kg, sementara ras giant  beratnya sekitar 20 kg. Perbedaan ukuran adalah fakta yang jelas, terutama dalam hal rahang. Makanan kering yang paling cocok untuk anak anjing (puppy) adalah makanan untuk pertumbuhan, karena komposisi makanannya.  Kibble berukuran medium akan menyebabkan kesulitan prehension untuk fox terrier, dan pemborosan untuk anjing giant. Oleh karena itu bijaksana untuk memilih kibbles dengan ukuran dan tekstur sesuai dengan rahang dan susunan gigi anak anjing small, medium atau large.

Selain itu,  perbedaan  ukuran anjing menyiratkan kepekaan yang berbeda. Sebagai contoh, overfeeding mempercepat pertumbuhan anak anjing trah besar dan meningkatkan resiko masalah osteoarticular, di anjing ras kecil itu mungkin akan merangsang kondisi kelebihan berat badan saat dewasa. Tingkat energi yang baik disesuaikan dengan ukuran anjing dan kebutuhannya, disertai konsumsi makanan yang benar bisa mencegah risiko kelebihan berat badan.

Asupan  kalsium dan  fosfor spesifik

Asupan Kalsium dan  fosfor  harus diperhatikan secara seksama untuk mencegah masalah tulang yang serius. Kekurangan kalsium adalah masalah klasik anak anjing yang hanya makan daging atau makanan buatan sendiri tanpa suplemen mineral. Bersama dengan kelebihan  vitamin D , kekurangan kalsium dan fosfor merupakan penyebab gangguan pertumbuhan yang paling sering, akibat pemberian diet yang tidak memadai.

Tapi kelebihan kalsium dalam asupan sehari-hari sama bahayanya bagi anjing: kalsium tidak boleh ditambahkan pada makanan yang dirancang untuk pertumbuhan.

Sebuah Nutrisi Kesehatan makanan pertumbuhan akan digunakan selama pertumbuhan, yang berbeda berdasarkan ras: 8- 10 bulan untuk ras kecil, 12 bulan untuk ras medium, 15 - 18 bulan untuk large dan 18 - 24 bulan untuk giant. Jumlah  Asupan gizi masing-masing ukuran berbeda dan harus terpenuhi dengan tepat sehingga dapat mencegah kelebihan atau kekurangan nutrisi selama pertumbuhan hewan.

Nutrisi berkualitas untuk semua

Apapun jenisnya, anak anjing memiliki kebutuhan energi jauh lebih tinggi daripada anjing dewasa. Dia membutuhkan energi untuk kebutuhan pemeliharaan, dan juga untuk membentuk jaringan baru yang membuatnya tumbuh. Kebutuhan   protein ,  mineral ,  vitamin dan trace element, semuanya lebih tinggi daripada kebutuhan minimum anjing dewasa. Inilah sebabnya mengapa Nutrisi Kesehatan makanan pertumbuhan memberikan anak anjing menyediakan jumlah protein yang banyak sambil memastikan ini adalah kualitas protein tinggi. Daya cerna Optimum menjadi pertimbangan lain memperhitungkan kapasitas pencernaan puppy yang terbatas. Daya cerna optimal ini diperoleh dengan gandum berkualitas tinggi dan kombinasi nutrisi mendukung keseimbangan flora usus.

Kesenjangan kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh anak anjing tergantung pada antibodi yang berasal dari induknya, yang disampaikan melalui kolostrum diserap dalam waktu 36 sampai 48 jam setelah kelahiran. sekitar umur 4 - 12 minggu, antibodi yang berasal dari induk anjing turun di bawah ambang batas pelindung. Ini adalah periode kritis, yang disebut "immunity gap", merupakan periode berisiko seperti infeksi regards, karena tingkat antibodi asal ibu masih cukup tinggi untuk menghambat reaksi vaksin. Vaksin sepenuhnya efektif hanya setelah 12 minggu.  pada waktu ini juga anjing muda rentan pada banyak faktor stres yang menguji sistem pertahanan kekebalan tubuhnya. Dari kandang breeder, hingga ke rumah barunya, lingkungannya berubah. Perubahan lingkungan memaksa anjing untuk membela diri dari  kuman yang berbahaya, meskipun ia masih sangat rentan terhadap infeksi bakteri dan virus.

Berkat konsumsi dipatenkan ( taurin , lutein, vitamin E & C) dan  mannanoligosaccharides , Nutrisi Kesehatan Royal canin  bisa membantu anak anjing untuk mempertahankan system kekebalan tubuh alami.