Pertumbuhan, tahap kunci

Kurva pertumbuhan

Setiap anjing memiliki pertumbuhan yang berbeda

Apakah mereka anjing berukuran kecil, medium, besar atau sangat besar (giant), anak anjing tidak memiliki pertumbuhan yang sama. Kurva pertumbuhan memungkinkan untuk memantau tren pertumbuhan yang memadai, lebih-lebih karena pertumbuhan tidak terjadi secara garis lurus (linear).

Pertumbuhan merupakan sebuah tahap yang menentukan dalam kehidupan anjing. Pertumbuhan menentukan keadaan dewasa  masa depan, juga bentuk (morfologi) dan harmoni sosoknya.

Kurva pertumbuhan berat badan

Untuk menentukan apakah pertumbuhan anak anjing normal atau tidak, dokter hewan memiliki beberapa alat. Dengan kurva pertumbuhan rata-rata untuk anjing jantan dan betina, memungkinkan untuk memeriksa perkembangan berat badan anak anjing dari lahir sampai dewasa. Kenaikan berat badan harian (daily weight gain /DWG) meningkat setelah lahir dan mencapai puncak dengan berbagai variasi, kemudian menurun seiring anjing mendekati masa dewasa (dewasa usia dan  dewasa berat). Sementara peningkatan berat badan anak anjing biasanya sangat cepat, sekitar 5 - 10% per hari selama minggu-minggu pertama. kurva referensi untuk banyak ras anjing ini menunjukkan bahwa anjing ras kecil,dengan kecepatan pertumbuhan yang lambat karena pertumbuhan terjadi sangat awal. Saat lahir dan kemudian saat penyapihan, anjing ras kecil sudah cukup berat bila dibandingkan dengan berat dewasanya. Lain halnya dengan anjing ras berukuran medium atau besar, berat lahir jauh lebih rendah dari berat dewasa. Anjing anjing ras ini akan mengalami masa pertumbuhan yang jauh lebih intens dibandingkan anjing ras kecil.

Perbedaan yang signifikan dalam prekositas (kematangan) berdasarkan ras

Perbedaan antara ras anjing  dapat diamati tepat pada saat lahir. Misalnya, induk  Poodle Miniatur melahirkan 1 sampai 3 anak anjing dengan berat masing-masing 150 sampai 200 gram. Seekor induk  Newfoundland melahirkan 8 sampai 10 anak anjing dan berat pertumbuhan masing-masing berfluktuasi antara 600 dan 700 gram. Meskipun anjing ras sangat besar (giant)  berbobot dewasa 25 kali lebih dari anjing ras kecil, rasio berat badan lahir berdiri hanya pada 1 sampai 6. Waktu untuk mengejar pertumbuhan berat badan saat dewasa, berbeda-beda tergantung rasnya. Dengan demikian:

  • setengah dari dewasa tercapai pada usia sekitar  3 bulan untuk ras  anjing kecil, tetapi sekitar 5 sampai 6 bulan pada anjing ras besar;
  • Miniatur Poodle mencapai berat dewasanya sekitar usia 8 bulan, berat dewasa sekitar 20 kali berat lahir. Adapun Newfoundland, ia masih tumbuh hingga usia 18 sampai 24 bulan, berat dewasanya sekitar 100 kali berat lahir!

Sangat penting untuk memahami perbedaan-perbedaan dalam pertumbuhan ini dan juga perilaku biologis selama tahap pertumbuhan. Mereka menjelaskan perlunya menggunakan makanan yang memenuhi kebutuhan untuk  pertumbuhan yang harmonis, nutrisi yang sesuai dengan umur anak anjing tersebut, juga untuk ukuran dan rasnya.

  • facebook
  • twitter