Hidup bersama anak anjing anda

Melatih anak anjing

Aturan dasar

Sama seperti vaksinasi atau aktivitas sehari-hari, melatih merupakan salah satu tugas manusia terhadap anjing begitu ia memutuskan anjing tersebut untuk menjadi temannya. Harus dipastikan bahwa anjing, pemilik dan keluarganya akan hidup bersama dengan harmonis. Anjing juga harus dilatih agar terbiasa dan hidup dalam berbagai aturan yang ada dilingkungan sekitarnya.Pelatihan anak anjing (puppy) harus dimulai pada saat yang tepat, ketika kemampuan  belajarnya optimal.

Melatih anak anjing harus dilakukan  satu tahap dalam satu waktu. Anak anjing memiliki kapasitas konsentrasi  yang terbatas.

Motivasi

Pelatihan yang sukses tergantung pada kesenangan dan kepatuhan. Anak anjing secara alamiah suka bermain, kesempatan ini harus ambil untuk membuat dia "bekerja" tanpa paksaan melalui latihan singkat. Selain permainan, yang memungkinkan untuk melatih anjing dengan keceriaan, dalam proses pembelajaran, kita juga tidak boleh mangabaikan keinginan anak anjing untuk mendapatkan perhatian tuannya dan juga menyenangkan hatinya. Aturan yang harus diingat adalah bahwa anak anjing harus tetap diperlakukan sebagai anjing, tidak seperti manusia.

Sebuah hadiah yang berarti

Hadiah (reward) meningkatkan motivasi dan memfasilitasi pelatihan. Agar efektif, itu harus bermakna bagi anjing, yaitu tuannya harus mengucapkan selamat kepadanya dengan sentuhan tangan dan nada suara yang hangat  sinkron dengan sukses di latihan. Di sisi lain, teguran harus diberikan untuk menghukum perilaku yang salah atau perilaku yang merugikan, tetapi harus digunakan hanya jika anjing tersebut tertangkap melakukannya. Perlu dicatat bahwa pembelajaran positif (positive reinforcement) dengan penghargaan  jauh lebih efektif daripada pembelajaran negatif  (negative reinforcement) dengan hukuman.

Bahasa

Bahasa yang digunakan harus disesuaikan dengan hewan, dengan perintah sederhana, pendek dan sering diulang. Dengan begitu, anjing lebih memahami nada yang diberikan kepada kata-kata ketimbang maknanya: nada yang digunakan karena itu harus berubah tergantung pada apakah Anda memberikan perintah, memberi selamat atau menegur. Membuat gerakan juga merupakan cara yang efektif untuk berkomunikasi dengan anjing.

Mengajarkan namanya

Hal pertama yang harus dipelajari anak anjing adalah namanya. Tepat pada hari pertama, panggilan namanya akan diikuti dengan momen yang menyenangkan untuk mendorong dia untuk menjalankan perintah.

Tidak/ "No"

Begitu tiba, adalah penting untuk menanamkan arti kata "Tidak/No" kepada anak anjing.

  • "Tidak/No" akan berkaitan dengan semua hal yang dilarang, apa pun itu.
  • Ini harus berbeda dan diucapkan dengan suara tegas dan jelas ketika Anda melihat anjing melakukan tindakan terlarang.
  • Pada awal proses belajar , Anda dapat membuat gerakan menjauhkan anak anjing dengan tangan Anda, mengatakan pada saat yang sama "Tidak/No" Berikutnya, Anda hanya akan perlu untuk mengatakan "Tidak/No" dengan suara tegas.

Melatih membuang kotoran (Housetraining)

Anak anjing yang tiba di rumah umumnya tidak terlatih membuang kotorannya di tempat yang diinginkan oleh pemiliknya. Jika anjing telah membuang kotorannya  di rumah saat tuannya tidak ada, tidak ada untungnya untuk memarahinya saat anda menemukannya kemudian. Teguran hanya efektif jika anak anjing dihukum segera setelah buang kotoran.  Anak anjing yang akan dilatih buang kotoran, harus dibawa keluar setiap dua jam dan sehabis makan ke tempat yang anda inginkan anjing anda untuk membuang kotoran.

Tiga perintah sederhana: berdiri(stand), duduk(sit), berbaring(down)

Anda harus berhati-hati dalam hal konsistensi perintah Anda. Apa yang dilarang tidak boleh ditoleransi yang berikutnya oleh siapapun dalam rumah. Tiga perintah dasar ini  dipraktekkan bersama anak anjing dengan tali/rantai.

Berjalan dengan tali/rantai

Tali/rantai adalah alat kontrol, tanda sukacita bagi anak anjing karena ia bisa pergi keluar untuk berjalan-jalan. Ini tidak boleh digunakan untuk menegur/menghukumnya. Seperti juga latihan membuang kototran (housetraining), berjalan-jalan dengan tali/rantai akan lebih mudah dipelajari bila dilakukan saat awal. Agar anjing Anda terbiasa memakai kalung leher (collar), berjalan-jalan menggunakan tali/rantai dimulai di rumah, beberapa kali sehari dan selalu dalam sesi singkat. Jika anak anjing menarik tali/rantai, Anda harus mengatakan "Tidak/No",dan berikan sebuah hentakan tajam pada tali/rantai.

Memanggil kembali/sini/"here" (Recall)

Lebih dari sekedar perintah, “sini/here” adalah ajakan untuk kembali kepada tuannya untuk menerima usapan atau imbalan: “sini/here”  harus dikaitkan dengan sikap positif, tetapi membutuhkan banyak ketelitian. Anda harus mulai dengan mengasosiasikan “sini/here”   dengan pemberian makanan dan kemudian beralih dari pagar rumah ke luar rumah. Jika anak anjing tidak mematuhi perintah "sini/here", meninggalkannya ke arah yang berlawanan dan bersembunyi akan membuat anjing anda merasa gugup, dan dia akan kembali dengan sangat cepat!

Kudapan (treats) dan makanan

Memberikan kudapan/treat atau sisa-sisa makanan pemilik, mengganggu keseimbangan nutrisi yang disediakan oleh makanan anjing yang memang sudah dirancang. Apalagi, jika itu berlebihan atau biasa dilakukan, bisa menyebabkan kelebihan berat badan dan merugikan kesehatan anjing. Pemberian makanan juga harus tunduk pada kode etik yang baik yang akan menjauhkan perilaku buruk anjing jika ditaati.

  • Sampai usia 6 bulan, frekuensi pemberian makanan yang tepat adalah 3 kali sehari, kemudian 2 kali sehari sampai akhir masa pertumbuhan.
  • Waktu pemberian makan sebaiknya tetap pada jam tertentu, dalam mangkuk bersih yang sama, di tempat yang sama, disertai mangkuk penuh air baru yang selalu tersedia.
  • Anak anjing harus dibiarkan sendirian ketika ia makan dan jangan pernah diberi makanan ketika Anda makan di meja.

Pusat pelatihan anjing merupakan tempat bagia anda dan anjing untuk belajar bersama cara melatih anjing kesayangan anda. Tempat pelatihan anjing adalah kesempatan bagi anak anjing untuk menghadapi anjing lain seusianya dan untuk membuat dirinya menjadi lebih berani atau  atau kurang agresif terhadap sesama anjing. Untuk pemilik, bisa memastikan anda dan anjing anda telah melalui  proses melatih/pembelajaran anjing yang benar dan berbagi momen keterlibatan dengan hewan Anda.

Video

Langkah pertama anak anjing

Sudah percaya, sudah dekat, anak anjing siap untuk berbagi dan menerima segala sesuatu  yang diberikan pemiliknya. Mengetahui dengan baik kebutuhannya agar tetap terjaga kesehatannya adalah tugas pertama pemiliknya. Nutrisi, identik dengan kesehatan, pencegahan penyakit, perlindungan tubuh, merupakan komponen penting dari vitalitas.

Foto

  • facebook
  • twitter