Hidup bersama anak anjing anda

Higiene dan perawatan

Aktivitas sederhana

Merawat anjing Anda memerlukan beberapa aktivitas sederhana yang dilakukan sepanjang hidupnya, akan memastikan higiena anjing dan memungkinkan Anda untuk menemukan tanda ketidaknormalan yang bisa menjadi peringatan terhadap penyakit

Jalan-jalan yang sangat diperlukan

Jalan-jalan keluar sangat diperlukan untuk anak anjing, bukan hanya untuk belajar membuang kotoran ( housetraining ) .Faktanya anjing adalah hewan social yang perlu bertemu makhluk hidup lainnya dan menjelajahi suatu wilayah/teritori. Terlepas anjing anda tinggal di apartemen atau kandang terpisah, ia tidak akan puas hanya dengan jalan-jalan lima menit di pagi hari dan di malam hari atau bahkan dengan tinggal terpencil di sebuah taman. Seekor anjing muda membutuhkan banyak jalan-jalan dengan waktu pendek  lokasi yang tidak terdapat terlalu banyak risiko baginya. Berjalan dengan menggunakan tali/rantai dan panggil  anak anjing anda untuk datang kembali dan berbaring tanpa berdebat, harus dipelajari pada tahap awal. Berjalan-jalan tanpa tali/rantai bisa dilakukan untuk ruang terbuka dan pedesaan.

Pemeliharaan sehari-hari anjing Anda

Hidung anjing

Hidung anjing harus lembab dan segar setiap saat di siang hari. Namun, mungkin bisa kering selama tidur. Tapi kemudian akan basah lagi ketika anak anjing bangun. Setiap adanya kerak, retak, ingus yang banyak adalah tanda penyakit yang harus diperiksa dokter hewan.

Gigi anjing

Gigi anjing  harus berwarna putih dan dengan gusi berwarna pink: adanya garis merah di pangkal gigi tidak normal dan menunjukkan adanya  peradangan yang menyakitkan yang dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan pada anjing. Anda harus membiasakan anak anjing, pada usia yang sangat dini, untuk diperiksa  mulutnya dan giginya disikat dengan sikat dan pasta gigi yang dirancang khusus untuknya. Ini sangat efektif untuk mencegah munculnya karang gigi harus digunakan setiap hari. Ada juga makanan kering yang bermanfaat bagi kesehatan gigi dan "dental bar" efektif jika digunakan setiap hari.

Mata anjing

Mata harus terang dan lembab, dengan membran mukosa merah muda. Tidak ada kotoran yang terlihat di sudut dalam mata.

Telinga anjing

Telinga yang menggantung (Floppy ear) harus diperiksa lebih sering, karena sebagian besar lubang telinga tertutup oleh daun telinga yang menggantung yang menyebabkan ventilasi lebih terbatas dibandingkan telinga yang berdiri tegak.  Telinga jenis ini bisa dibersihkan satu atau dua kali seminggu, sedangkan telinga tegak bisa dibersihkan setiap dua minggu. Untuk  membersihkannya, 

Kelamin dan anus anjing

Pemantauan berkala alat kelamin pria dan wanita memungkinkan untuk memeriksa kebersihan mereka. Periksaakan ke dokter hewan bila ada lender berlebih atau nanah. Anus harus bersih dan tidak menunjukkan tanda-tanda diare.

Kaki dan cakar anjing

Anda harus secara teratur memeriksa apakah bantalan kakinya (pad) tidak rusak dan tidak ada benda yang terjebak diantara bantalan kaki saat berjalan-jalan.

Ada dua jenis cakar: dewclaw dan cakar jari. Pertumbuhan cakar terjadi terus-menerus dan normal aktivitas anjing harus memastikan  cakar tetap pendek karena gesekan.

Rambut anjing

Perawatan rambut tergantung pada jenis rambut. Perawatan yang harus dilakukan sebagai berikut: sikat karet seminggu sekali untuk rambut yang sangat pendek, yang carder digunakan berlawanan arah pertumbuhan rambut setiap dua hari untuk rambut pendek dan keras, setiap hari untuk rambut panjang setelah mengurai gimbal.

Di musim panas, setelah mandi di sungai atau air laut, Anda harus membilas anjing muda untuk menghilangkan deposit partikel yang mengiritasi. Tergantung pada tekstur rambut, frekuensi mandi yang diberikan di rumah berbeda. Anjing dengan rambut yang sangat pendek dapat dicuci dua kali setahun dan orang-orang dengan rambut panjang kira-kira setiap tiga bulan. Jika dia telah terbiasa mandi di usia muda, anjing juga akan terbiasa bila kegiatan mandi dilakukan di luar rumah jika cuaca memungkinkan. Di bathtub, Anda harus menyediakan tikar karet supaya lantai tidak licin dan menggunakan air suam-suam kuku. Anda harus menggunakan hanya sampo anjing khusus dengan air hangat pada rambut gimbagl yang belum diuraikan.

Vaksinasi

Distemper, penyakit parvovirus anjing, rabies, leptospirosis, infeksius hepatitis ... Penyakit mematikan yang mengincar  anak anjing ketika ia tidak lagi dilindungi oleh antibodi yang berasal dari induknya. Oleh karena itu sangat penting mengikuti  jadwal imunisasi, termasuk vaksinasi/imunisasi ulangan (booster).Pengawasan  Ketat oleh dokter hewan sangat diperlukan.

Antiparasit Eksternal dan internal

Kutu seperti Caplak  dan pinjal muncul kembali secara teratur dan terutama di musim semi. Banyak produk anti kutu yang tersedia di pasaran: semprotan, spot-ons, kalung. Semua produk ini memungkinkan memerangi secara efektif  efek merugikan dari parasit ini yang juga dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Pemberian obat anti cacing,  harus diberikan pada anjing secara berkala sesuai dengan protokol yang dianjurkan oleh dokter hewan, karena pilihan produk tergantung pada ukuran hewan, usia, gaya hidup, dan beberapa kriteria lainnya.

Video

Kesehatan, higiena, keindahan

Untuk mendukung anak anjing anda dalam kehidupan barunya dengan sebaik-baiknya, Anda akan diberikan beberapa aturan penting sedikit dan nasihat tentang cara terbaik bagi Anda untuk mendukung pembelajaran dan integrasi ke dalam lingkaran keluarga dan untuk memberikan perawatan yang harus diberikan untuk pertumbuhan yang sehat.

  • facebook
  • twitter