Home Anjing Anak anjing Dari lahir hingga dewasa Anak anjing ras sangat besar

Dari lahir hingga dewasa

Anak anjing ras sangat besar

Anjing GIANT

Anjing berukuran sangat besar, GIANT, memiliki berat dewasa lebih dari 45 kg. Ras Anjing ini, dengan perawakan besar mewakili lebih dari 25 Ras. Masa pertumbuhan yang lebih lama dan intens harus dimonitor untuk mencegah gangguan tulang dan sendi (osteoarticular) dengan juga mempertimbangkan toleransi pencernaan rendah. 

Bloodhound, anjing pemburu, Rottweiler, anjing gembala, Saint Bernard, anjing gunung, Newfoundland, anjing penyelamatan laut adalah beberapa anjing ini dengan perawakannya mengesankan. Pertumbuhan yang unik menggarisbawahi kelemahan anjing-anjing bertubuh besar ini.

Dua tahap untuk periode pertumbuhan yang lama dan intens

Anak anjing GIANT mencapai setengah berat dewasanya sekitar umur 5 bulan. Antara 2 dan 8 bulan, ia akan bertambah tinggi rata-rata 2 cm setiap dua minggu. Dia akan terus tumbuh hingga 18 - 24 bulan. Beratnya akan mencapai 80 – 100 kali lipat berat lahirnya (dibandingkan dengan 20 – 30 kali berat lahir  untuk ras anjing kecil). Mirip dengan ras kecil dan medium, penyapihan berlangsung pada masa kritis pertumbuhan, ketika kebutuhan nutrisi makananan mencapai puncaknya. 

Sampai usia 8 bulan, Tahap pertama pertumbuhan bersifat eksponensial dan sangat cepat. Bertepatan dengan periode di mana anak anjing GIANT membentuk sistem kekebalan tubuh, antara 4 - 12 minggu. Dari  umur 8 sampai 18-24 bulan, tahap pertumbuhan yang lebih lambat, lebih ke perkembangan otot.

Asupan nutrisi harus disesuaikan

Pada anjing ras GIANT, risiko terletak pada pertumbuhan yang terlalu cepat. Nutrisi Kesehatan makanan cocok untuk tahap pertama pertumbuhan, umur 2-8 bulan, memiliki kandungan energy dan lemak moderat, untuk mengendalikan laju pertumbuhan dan mencegah kelebihan berat badan sekaligus menawarkan volume asupan makanan yang tidak terlalu sedikit . Makanan Ini mengandung nutrisiyang bertujuan menguatkan tulang dan perlindungan sendi,serta mendukung pembentukan sistem kekebalan tubuh anak anjing yang baik.

Setelah umur 8 bulan, periode kritis pembentukan kerangka berakhir, tulang rawan pada semua tulang anakan mulai menutup dan berakhir sekitar usia 18 bulan. Kemudian, anjing terus bertambah berat, mengembangkan massa otot, tapi ia tidak tumbuh lebih banyak lagi, karena 90% dari ukuran dewasanya telah tercapai. Nutrisi Kesehatan makanan pertumbuhan cocok untuk tahap kedua ini menawarkan konsentrasi energi yang lebih tinggi dari tahap pertama, tapi tanpa kelebihan apapun sehingga tidak menyebabkan kenaikan berat badan berlebih karena pada masa ini perkembangan sendi masih belum sempurna.

Apakah tahap pertama atau tahap kedua, sensitivitas pencernaan anjing GIANT harus tetap dieprhatikan dan menjadi pertimbangan.

Sistem pencernaan yang sensitif

Anak anjing GIANT menunjukkan sensitivitas pencernaan lebih tinggi  dibanding  anak anjing lainnya.Sensitivitas ini berasal dari sejumlah fitur anatomi dan fisiologis. Secara proporsional saluran pencernaaanya lebih kecil dari anjing kecil, tapi durasi transit di usus dua kali lipatnya. Hal ini menyebabkan peningkatan aktivitas fermentasi dan dalam produksi tinja yang lebih banyak mengandung air dan kurang padat.  Nutrisi Kesehatan makanan pertumbuhan diformulasikan dengan kualitas protein terbaik sehingga mudah dicerna. Kombinasi komponen aktif yang memperkaya keseimbangan flora usus dan melindungi mukosa pencernaan, bersama dengan psyllium untuk mengatur waktu transit, dan meningkatkan kualitas tinja.

Nutrisi Kesehatan untuk pertumbuhan anjing GIANT memungkinkan untuk mendukung dua tahap  pertumbuhan dengan menyediakan kesehatan pencernaan maksimum dan kontrol laju pertumbuhan.

  • facebook
  • twitter