Home Anak Kucing dan Kucing Kucing Hidup dengan kucing Mencegah kelebihan berat badan

Hidup dengan kucing

Mencegah kelebihan berat badan

Waspada !

Kucing seharusnya bisa mengatur sendiri asupan makanan sesuai dengan kebutuhannya. Namun, 25 sampai 40% dari kucing yang diamati oleh dokter hewan, tergantung negaranya, menunjukkan tanda-tanda kelebihan berat badan. Oleh karena itu disarankan untuk waspada dan memberikan Nutrisi Kesehatan yang mengandung asupan energi moderat.

Pada kucing domestik, kelebihan berat badan masalah yang mulai berkembang dimana-mana.

Penyebabnya terletak pada banyak faktor: kucing telah menjadi “hewan kota”, disteril (kebiri untuk jantan dan operasi Rahim & indung telur untuk betina) , dengan  terbatasnya akses terbatas atau tidak mungkin ke luar tumah, yang menghasilkan perubahan dalam kebutuhan energi nya.  Di luar rumah, kucing dengan berat 4-kg membutuhkan sekitar 300 kkal / hari, sementara di dalam ruangan konsumsinya hanya sebanyak  200 kkal / hari, 30%  lebih sedikit. 
Selain itu, kucing yang diberi makanan tinggi lemak dan makanan tinggi energi sebanyak-bannyaknya (ad libitum) kurang mampu mengatur konsumsi nya.

Selain mempengaruhi keindahan sosoknya,  kesehatan kucing juga banyak terpengaruh. Kelebihan berat badan memang merupakan tanda awal obesitas dan obesitas berhubungan dengan banyak risiko patologis lainnya, seperti : diabetes, batu kemih, nyeri sendi, masalah kulit ...

Bagaimana menilai kelebihan berat badan kucing ?

Tanpa menimbang kucing, indikator kondisi kelebihan berat badan nya dapat dirasakan hanya dengan membelai dia dan mengawasinya dengan teliti.

Rusuk dan tulang punggungnya tidak boleh terlihat, tapi mudah teraba. Ketika dilihat dari atas, batas pinggangnya harus terlihat jelas dan perutnya tidak boleh melorot. Jika perut terlihat buncit dan anda harus menekan ketika ingin menyentuh tulang rusuk, artinya kucing anda kelebihan berat badan, harus segera bertindak untuk mengatasinya. 

Umumnya, untuk sebagian besar kucing, berat badan ideal tercapai pada akhir pertumbuhan, sekitar umur 8 - 12 bulan. Berat badan pada saat dewasa ini (12 bulan)  bisa menjadi referensi berat badan normal untuk sisa hidup kucing. Apapun gaya hidupnya, Anda harus berusaha untuk menjaga berat badan normal dan kebugaran kucing.

Faktor-faktor predisposisi

Kejadian kelebihan berat badan jauh lebih tinggi pada kucing yang tidak aktif dibandingkan dengan kucing yang bisa pergi ke luar rumah. Seekor kucing yang diberi makanan cukup dan punya akses ke luar rumah, akan “berburu” untuk setidaknya empat jam sehari. Oleh karena itu anda bisa mengerti betapa pentingnya anda memfasilitasi perilaku alami kucing “indoor”  terkait dengan insting berburu, seperti: bermain, memanjat, melompat, dll ...

Rasa bosan adalah salah satu teman baik kelebihan berat badan!. Mainan, cat tree, perhatian disertai pemberian nutrisi kesehatan untuk  gaya hidup “indoor” memberikan solusi yang baik untuk risiko kelebihan berat badan. Kudapan/treat sebaiknya dihindari, kecuali kalori/nutrisinya sudah diperhitungkan dalam kebutuhan kalori harian.

Gaya hidup “indoor”  sering disertai sterilisasi (kebiri untuk kucing jantan dan operasi Rahim dan indung telur pada kucing betina). Sterilisasi dapat meningkatkan konsumsi makanan harian sebesar 20%, sementara kebutuhan  energinya berkurang sekitar 30%, akibatnya meningkatkan risiko kelebihan berat badan. Pemantauan berat badan, dikombinasikan dengan nutrisi sehat Royal Canin, sesuai dengan kebutuhannya sebagai kucing yang telah disteril, lebih lanjut lagi bisa membantu untuk menjaga berat badan dan kebugarannya.