Home Anak Kucing dan Kucing Kucing Hidup dengan kucing Memperlakukan dan merawat kucing

Hidup dengan kucing

Memperlakukan dan merawat kucing

Berkontribusi untuk kesejahteraan dan kesehatan kucing anda

Menyisir rambut, memotong kuku, membersihkan mata dan telinga,  serta perawatan gigi adalah kegiatan sederhana yang harus dilakukan teratur. Kegiatan ini berperan banyak untuk menjaga kesejahteraan dan kesehatan kucing.

Jika semua kegiatan ini telah disosialisasikan dengan baik kepada kucing sejak masih kecil, kucing dewasa akan terbiasa dengan semua kegiatan yang dilakukan teratur sepanjang umurnya. Jika kucing menolak, Anda harus bersabar dan tetap lembut kepada kucing anda serta jangan ragu meminta saran dari dokter hewan atau profesional seperti peternak atau groomer.

Membuang rambut yang rontok

Selain membuat rambut jadi indah, penyisiran rutin bisa mencegah kucing agar tidak terlalu banyak rambut yang mati, ketika ia menjilati tubuhnya.sekitar 30 % waktu terjaga kucing digunakan untuk aktivitas  menjilati tubuhnya sendiri (grooming). Pergantian rambut pada kucing yang tinggal di dalam rumah, terjadi sepanjang tahun.Pada  kucing dengan berat 4 kg, jumlah rambut yang dibuang melalui usus bisa mencapai volume harian  10 cm3!

Rambut panjang  Persia membutuhkan penyisiran setiap hari. Rambut pendek seperti pada kucing Siam atau Abyssinian, hanya memerlukan  usapan tangan dari pemiliknya. Penyisiran rutin setiap minggu diperlukan untuk kucing berambut medium seperti Maine Coon. Hal yang sama berlaku untuk kucing  berambut pendek yang memiliki underhair, seperti Exotic Shorthair.

Rambut adalah cermin keseimbangan diet. Defisit protein atau kekurangan asam amino tertentu dapat mempercepat kerontokan rambut, memperlambat pertumbuhan rambut dan menyebabkan rambut rapuh. Keindahan alami rambut bisa diperkuat dengan makanan  sehat yang  mengandung unsur-unsur gizi yang sangat diperlukan untuk mendukung pertumbuhan rambut, rambut yang mengkilap dan pergantian rambut.

Hal yang harus diawasi

Tumpukan kotoran bisa terkumpul di sudut dalam mata, terutama pada kucing Persia. Kotoran ini Ini harus dibersihkan dengan lembut dengan kompres dibasahi dengan lotion disediakan khusus. Kucing tidak boleh memiliki mata berair, atau hidung berair/pilek.

Untuk kesehatan mulut dan gigi, rutin menyikat gigi bisa  mencegah pembentukan karang gigi/tartar. Ada pasta gigi khusus  kucing dengan palatabilitas yang sesuai untuk  kucing. Bisa digunakan bersama sikat gigi khusus atau kain basah. Kebersihan dan kesehatan gigi kucing harus diawasi dengan ketat secara teratur. Memang, 2 dari 3 kucing  mengalami masalah mulut dan gigi. 

Nutria kesehatan royal canin yang kering diformulasikan untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi. Makanan Ini secara efektif membatasi pembentukan tartar melalui “efek menyikat” secara mekanis oleh kibble dan oleh bahan aktif tertentu yang berfungsi mengikat  kalsium yang terdapat dalam liur dan mencegah pembentukan bentuk tartar.

Telinga tidak boleh kotor. Jika perlu bersihkan dengan kapas yang dibasahi dengan lotion khusus.

Kuku kucing

Memotong kuku kucing ini memiliki keuntungan mengurangi hasrat mengasah kuku, apalagi untuk kucing yang hidup di dalam rumah. Memotong kuku bisa dilakukan dengan mudah. Kepala kucing bisa ditutupi dengan handuk. Tekan dengan lembut jari kucing untuk mengeluarkan kuku dan potong satu demi satu dengan menggunakan gunting kuku khusus. Anda harus berhati-hati untuk tidak memotong bagian yang mempunyai pembuluh darah (berwarna pink).

Memandikan kucing ?

Anak kucing yang akan mengikuti kontes kucing harus mandi. Rambutnya harus sempurna saat dinilai oleh juri. Anda harus menggunakan shampoo khusus, tempatkan keset kamar mandi anti slip di dekat air, dan secara bertahap basahi kucing sebelum menggunakan shampo. Pengeringan harus dimulai  dengan menggosokan handuk dengan lembut  kemudian dikeringkan dengan penghangat/pengering.

Vaksinasi, obat cacing dan anti kutu

Vaksinasi  berfungsi merangsang pembentukan kekebalan tubuh  kucing terhadap penyakit tertentu. Flu kucing, panleukopenia, calici, penyakit ini berbahaya tapi dapat dicegah dengan vaksinasi, asalkan jadwal vaksin ulangan yang ditetapkan oleh dokter hewan  dilakukan tepat waktu.

 

Untuk melawan infestasi oleh parasit internal ,  kucing harus diberi obat cacing secara teratur selama hidupnya dengan produk yang diresepkan oleh dokter hewan. Dalam kasus infestasi oleh kutu pinjal, anti kutu  harus diberikan lagi, karena kucing dapat terinfestasi cacing pita (Dypilidium)  bila menelan kutu yang membawa cacing tersebut! Pemberian obat Cacing adalah tindakan kesehatan penting, karena kucing dapat menularkan beberapa parasit mereka kepada manusia!

Parasit eksternal seperti kutu pinjal (flea) dan tungau (mite/lice)  juga sangat merugikan kesehatan kucing. Anti kutu/ anti parasit eksternal yang diberikan/direkomendasikan oleh dokter hewan akan membantu merawat kucing,  sejak usia 2 bulan.

Sering kali pembersihan lingkungan dari parasit juga dilakukan bersamaan dengan pemberian antiparasit pada kucing, karena dapat mempercepat pembasmian parasit.

Garukan kucing (Cat scratcher) dan furnitur kucing (cat tree) untuk kesejahteraan kucing...

Kerusakan yang disebabkan oleh cakaran  kucing di kursi, sofa dan wallpaper  adalah salah penyebab kemarahan  pemilik kucing pada pendamping kecil mereka. Kerusakan ini dapat dengan mudah dikendalikan dengan menyediakan tempat menggaruk (scratch pad), atau bahkan lebih baik, furniture  kucing (cat tree). Dibuat cukup sederhana dengan batang kayu ditutupi dengan serat rami, bisa ditambah tempat persembunyian bagi kucing dan dapat terdiri dari beberapa lantai. Cat tree memberikan tempat tersendiri bagi kucing. Di bagian atas, ia dapat melatih kemampuan  pendakiannya, menemukan tempat untuk mengobservasi lingkungan sekitar dan istirahat, serta “mengasah” cakarnya sebanyak yang dia inginkan.

Video

Vaksinasi, obat cacing dan pubertas

Keindahan gerakan, kelembutan rambut, kenakalan yang tidak bisa diprediksi ...  Kehadiran hewan berkaki empat dengan kasih saying, sudah adal dalam diri kucing, siap untuk berkembang. Sebagai satu-satunya yang bertanggung jawab atas kesehatan dan kesejahteraan kucingnya, pemilik kucing wajib untuk mengetahui kebutuhan yang sebenarnya dari kucing nya. Salah satu elemen penting tersebut  adalah  nutrisinya.

  • facebook
  • twitter