Home Anak Kucing dan Kucing Anak kucing Pertumbuhan, tahap kunci Memberi makan anak kucing dengan benar
Memberi makan anak kucing dengan benar

Diet yang tepat

Karena pertumbuhan anak kucing sangat cepat, ia harus diberi makan diet khusus yang memenuhi semua persyaratan penting dalam rangka untuk memperkuat pertahanan kekebalan tubuhnya, mempromosikan perkembangan syaraf dan sensornya dan memfasilitasi pertumbuhan tulangnya.

Anak kucing sebelum umur 4 bulan

Sejak lahir, ketika anak kucing yang baru lahir diberi makan susu kolostrum ibunya, sampai sekitar umur 5 minggu, anak kucing hanya mengkonsumsi susu induknya (diet lacteal). Penyapihan harus dilakukan  bertahap mulai minggu ke-7, berpindah ke diet yang solid, yang memenuhi semua kebutuhannya. Pada tahap ini system pertahanan tubuh anak kucing mulai berkembang. 
Makanan anak kucing harus mengandung nutrisi berenergi tinggi, lengkap dan seimbang, mengandung protein, lemak, karbohidrat, mineral, vitamin dan mineral mikro dan juga sesuai kebutuhan anak kucing.

Meskipun kucing adalah karnivora sejati, makanannya mungkin mengandung nutrisi  biji-bijian (grain) berkualitas tinggi, sehingga mudah dicerna dan tidak menyebabkan diare. Seperti itu, kemampuan untuk mencerna pati gandum berkembang secara progresif di anak kucing itu. Grain mengandung banyak asam amino esensial untuk pertumbuhan, yang kemudian akan ditambahkan taurin yang berasal dari hewan. Taurin mutlak  diperlukan oleh spesies kucing.

Makanan juga harus mengandung semua mineral dan vitamin yang dibutuhkan untuk perkembangan tulang. Isinya dapat diperkaya dengan sejumlah nutrisi yang mendukung pertahanan alami dan dengan EPA dan DHA untuk perkembangan terbaik dari sistem saraf pusat. Jika anda tidak ingin anak kucing makan satu jenis makanan, anda bisa memberikan makanna basah dan kering. Yang penting adalah memilih makanan Kesehatan yang cocok dengan kebutuhan gizi anak kucing dan secara bertahap melakukan transisi dari makanan cair ke makanan padat.

Anak kucing setelah umur 4 bulan

Selama pertumbuhan tahap 2 ini, diet anak kucing harus terus mendukung sistem kekebalan tubuh  alaminya. Struktur tulang secara bertahap menjadi lebih kuat dan massa otot nya berkembang. Kebutuhan energinya meningkat dan harus tetap diperhatikan sampai umur ke-4 - 5 di mana mereka mencapai puncak pertumbuhan. Setelah itu laju pertumbuhan menurun secara bertahap. Makanannya pun harus selalu sesuai dengan perubahan kebutuhan pertumbuhan.

Anak kucing bisa makan nutrisi kesehatan Royal Canin untuk pertumbuhan tahap 2, mulai umur 4 bulan hingga akhir masa pertumbuhan, sekitar umur 1 tahun.  Sebaiknya tetap melakukan transisi bertahap perubahan makanan,  selama beberapa hari,  dari tahap 1 ke tahap 2. 

 

Untuk mencegah kelebihan berat badan, setelah bulan keenam, perlu juga mengendalikan jumlah makanan yang disediakan untuk anak kucing, karena mungkin saja anak makan terlalu banyak. Menimbang berat makanan harian ternyata menjadi solusi yang paling tepat, rekomendasi jumlah makanan tertera pada kemasan. Air segar, di ganti dua kali sehari, harus selalu tersedia bagi anak kucing.

Video

Langkah pertama anak kucing

Tidak ada pengalaman yang bisa menggantikan waktu beberapa bulan bersama anak kucing yang berkembang menjadi kucing dewasa. Perkembangan ini harus dilakukan dengan tenang,  dengan mengikuti beberapa aturan penting yang sesuai dengan ras kucing dan cara menyambut anak kucing yang baik di rumah, dan dengan memberikan anak kucing nutrisi dan perawatan yang akan memastikan kesejahteraan dan kesehatannya.

  • facebook
  • twitter