Dari lahir hingga penyapihan - Royal Canin

Pertumbuhan, tahap kunci

Dari lahir hingga penyapihan

Periode harus diawasi

Selama beberapa minggu periode yang singkat ini,  dari lahir sampai sapih, anak kucing yang lemah dengan berat sekitar seratus gram, sepenuhnya tergantung pada ibunya. Anak kucing  akan memperoleh sebagian besar keahliannya sebagai kucing dewasa dan menentukan preferensi makanannya.

Melahirkan

Induk  kucing betina mengandung  anaknya selama rata-rata 63-66. Beberapa hari sebelum melahirkan, kucing betina akan merasa gelisah, mencari tempat yang tenang, terlindung dari cahaya, di mana dia akan membuat “sarangnya”. Sebuah kotak plastik yang dasarnya dilapisi potongan kain bisa ditempatkan di tempat yang telah dipilih induk kucing. Pastikan kotak tersebut cukup besar dan nyaman sebagai tempat berbaring induk kucing beserta anak-anaknya. Kehadiran pemilik yang tenang pada saat ini, sangat penting bagi induk kucing.

Kontraksi rahim yang kuat  menyebabkan kelahiran anak kucing, dengan  interval sekitar 30 sampai 60 menit antar anak. Induk kucing akan membuka kantung ketuban (amnion) dan menarik keluar kepala anak kucing baru lahir, menghangatkan dan merangsang pernapasan dengan menjilati anak kucing secara intens. Induk kucing bisa memiliki 1-10 ekor anak dengan berat  rata-rata 70-150 gram, tergantung ras kucingnya.

Empat minggu pertama 

Segera setelah tali pusat dipotong, anak kucing akan dibersihkan oleh induknya, dipandu oleh kehangatan dan bau perut induk, anak kucing kemudian merangkak ke salah satu putting induknya. Makanan pertama anak kucing adalahi kolostrum. Kolostrum ini aspek dan komposisinya  berbeda dari susu, mengandung banyak antibodi yang penting untuk memastikan pertahanan pertama kekebalan tubuh anak kucing.

Menyusu, tidur dengan sentuhan induk dan saudara kandungnya hanyalah kegiatan anak kucing selama hari-hari pertama. Sepenuhnya tergantung pada ibunya, perjuangannya untuk hidup telah dimulai ketika ia mencoba mendekatkan diri pada putting induknya. Anak kucing masih buta dan tuli, indra yang paling berkembang adalah penciuman dan rasa sentuhan. Daya pendengaran mulai berfungsi sekitar hari ke-5. Mata mulai terbuka pada umur 7- 15 hari. Anak kucing mulai bergerak ke arah suara pada umur sekitar 14 hari. Sekitar umur  17 hari, ia mulai berjalan dengan empat kakinya. Pada usia 1 bulan, ia mampu menyesuaikan diri dengan suara, cahaya dan bau.

Dari prasapih hingga penyapihan

Setelah kolostrum diterima dalam jam pertama hidupnya, anak kucing terus menyusu pada induknya. Bila induk kucing mempunyai banyak anak, kadang, susu yang diproduksi tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan semua anaknya. Anda bisa memberikan tambahan berupa susu formula khusus anak kucing. Kemampuan kucing untuk mencerna gula susu (laktosa), berkurang seiring meningkatnya kemampuan anak kucing mencerna bahan makanan selain susu.kemudian menurun dalam mendukung kemampuan pencernaan lainnya. 

Ketika produksi susu induk kucing  berkurang,  dan gigi susu pertama muncul, masa transisi diet dimulai antara umur  3 -4  minggu.  Makanan anak kucing yang diberikan akan menggantikan susu induk secara bertahap. Makanan ini harus memenuhi semua persyaratan gizi anak kucing agar tidak kekurangan energi dan tidak membuat rapuh kekebalan tubuhnya. Nutrisi kesehatan Royal Canin  untuk anak kucing yang mulai belajar makan (Tahap 1), sesuai untuk gigi susunya, memberikan keamanan pencernaan karena terbuat dari protein yang sangat  mudah dicerna. Nutrisi kesehatan Royal Canin juga mendukung system kekebalan alami anak kucing.

Makanan ini bisa diberikan dengan cara dicampur  susu formula khusus anak kucing. Setelah beberapa waktu, secara bertahap, makanan kemudian bisa dicampur air, kemudian secara bertahap porsi air dikurangi  hingga anak kucing mulai bisa makan makanan kering pada umur 7-8, saat anak kucing disapih. Setelah usia 4 bulan, Nutrisi kesehatan Royal Canin tahap ke-2 diformulasikan  sesuai dengan kebutuhan nutrisi pertumbuhan anak kucing dari umur 4 -12 bulan.

Video

Langkah pertama anak kucing

Tidak ada pengalaman yang bisa menggantikan waktu beberapa bulan bersama anak kucing yang berkembang menjadi kucing dewasa. Perkembangan ini harus dilakukan dengan tenang,  dengan mengikuti beberapa aturan penting yang sesuai dengan ras kucing dan cara menyambut anak kucing yang baik di rumah, dan dengan memberikan anak kucing nutrisi dan perawatan yang akan memastikan kesejahteraan dan kesehatannya.

  • facebook
  • twitter