Hidup dengan anak kucing

Mempertahankan kesehatannya

Aktivitas sederhana, rutin berlatih, untuk kesejahteraan dan kesehatannya

Setelah terbiasa dengan lingkungan baru, anak kucing harus menerima perawatan kebersihan rutin untuk mempertahankan kesehatannya. Aktivitas  sederhana ini memastikan kesejahteraan dan menciptakan saat-saat kedekatan antara kucing dan pemiliknya. 

Jika dia telah disosialisasikan dengan baik, anak kucing umur lebih dari 8 bulan yang diadopsi, sudah terbiasa dengan sentuhan manusia. Namun demikian, pemilik mungkin sedikit gugup/canggung  bila harus membuka mulut atau memotong kuku. Pada awalnya, kucing pun mungkin tidak nyaman. Namun, sesi pendek, lembut dan berulang-ulang, akan sangat cepat membuat ritual gunting kuku (dan lainnya) ini lebih mudah dan menyenangkan. Memang, meskipun kucing adalah hewan yang sangat bersih, ia tetap harus diberikan beberapa perawatan kebersihan sepanjang hidupnya, untuk menjaga kesehatannya.

Rambut yang mengkilap

Rambut kucing yang terawat  berarti rambut yang disisir untuk menyingkirkan semua rambut mati.  Untuk kucing dengan  rambut panjang, seperti Persia, perawatan (menyisir rambut) adalah wajib dan harus dilakukan setiap hari. Rambut kusut/gimbal  harus diuraikan dengan sisir dan kemudian disisir. Untuk rambut pendek, seperti kucing  Siam atau Abyssinian, usapan/belaian tangan adalah semua yang dibutuhkan. Disisir setiap minggu dengan sikat lembut, perlu untuk kucing dengan rambut medium seperti Maine Coon atau Burmese. Hal yang sama berlaku untuk kucing berambut pendek dengan underhair, seperti kucing  Exotic Shorthair.

Hal yang diawasi

Tumpukan kotoran bisa terkumpul di sudut dalam mata, terutama pada kucing Persia. Kotoran ini Ini harus dibersihkan dengan lembut dengan kompres dibasahi dengan lotion disediakan khusus. Kucing tidak boleh memiliki mata berair, atau hidung berair/pilek.

Anda sebaiknya membuat kucing terbiasa dengan sikat gigi sejak usia. Menyikat gigi membatasi pembentukan plak. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan kain/handuk basah.

Telinga tidak boleh kotor. Jika perlu bersihkan dengan kapas yang dibasahi dengan lotion khusus.

Cakar

Memotong kuku kucing ini memiliki keuntungan mengurangi hasrat mengasah kuku, apalagi untuk kucing yang hidup di dalam rumah. Memotong kuku bisa dilakukan dengan mudah. Kepala kucing bisa ditutupi dengan handuk. Tekan dengan lembut jari kucing untuk mengeluarkan kuku dan potong satu demi satu dengan menggunakan gunting kuku khusus. Anda harus berhati-hati untuk tidak memotong bagian yang mempunyai pembuluh darah (berwarna pink).

Memandikan kucing?

Anak kucing yang akan mengikuti kontes kucing harus mandi. Rambutnya harus sempurna saat dinilai oleh juri. Anda harus menggunakan shampoo khusus, tempatkan keset kamar mandi anti slip di dekat air, dan secara bertahap basahi kucing sebelum menggunakan shampo. Pengeringan harus dimulai  dengan menggosokan handuk dengan lembut  kemudian dikeringkan dengan penghangat/pengering

Perubahan penampilan atau perilaku memerlukan konsultasi dengan dokter hewan secepatnya.

Vaksinasi, obat cacing dan anti kutu

Dimulai sedini  mungkin pada umur 8 atau 9 minggu, dilakukan oleh dokter hewan,   vaksinasi  dimaksudkan untuk meningkatkan sistem pertahanan kekebalan tubuh anak kucing. Sangat penting untuk tetap mengikuti jadwal imunisasi yang ditetapkan oleh dokter hewan .

Untuk melawan infestasi oleh parasit internal , induk kucing bunting diberi obat cacing pada saat melahirkan. Kemudian,  anak kucing harus diberi obat cacing  secarateratur sepanjang pertumbuhannya sesuai dengan saran dokter hewan.

 

Parasit eksternal seperti kutu pinjal dan tungau (mite/lice)  juga sangat merugikan kesehatan anak kucing. Anti kutu/ anti parasit eksternal yang diberikan/direkomendasikan oleh dokter hewan akan membantu merawat anak kucing,  setelah dia mencapai usia 2 bulan.

Video

Vaksinasi, obat cacing dan pubertas

Keindahan gerakan, kelembutan rambut, kenakalan yang tidak bisa diprediksi ...  Kehadiran hewan berkaki empat dengan kasih saying, sudah adal dalam diri kucing, siap untuk berkembang. Sebagai satu-satunya yang bertanggung jawab atas kesehatan dan kesejahteraan kucingnya, pemilik kucing wajib untuk mengetahui kebutuhan yang sebenarnya dari kucing nya. Salah satu elemen penting tersebut  adalah  nutrisinya.

  • facebook
  • twitter