Dari lahir hingga dewasa - Royal Canin
Home Anak Kucing dan Kucing Anak kucing Dari lahir hingga dewasa

Dari lahir hingga dewasa

Dari lahir hingga dewasa

Perkembangan anak kucing

Saat lahir, anak kucing, sepenuhnya tergantung pada ibunya. Setelah beberapa minggu  anak kucing mulai bisa berjalan. Perkembangan pesat ini yang berlangsung sebelum penyapihan, yaitu ketika anak kucing masih menyusu pada induknya.

Saat lahir, anak kucing buta dan tuli. Anak kucing lahir dengan berat hanya sekitar seratus gram. Dijilati oleh ibunya untuk menyingkirkan kantung ari-arinya, dihangatkan dan distimulasi. Semua perlakuan ini memungkinkan anak kucing mencari dan menemukan puting susu induknya. Anak kucing belum dapat mengatur suhu tubuhnya sampai usia 3 minggu. Ia akan tidur di perut induknya untuk menyusu kolostrum yang mengandung banyak antibodi. Setelah beberapa hari, hanya susu yang didapatkan dari ibunya. Dalam waktu 7 sampai 10 hari berikutnya, berat  badannya akan bertambah dua kali lipat. Dalam waktu 5 minggu, ia mulai dapat bergerak dan panca inderanya akan berkembang. Kegiatan anak kucing hanya tidur, menyusu dan bermain.

Panca indera

Saat lahir, anak kucing memiliki indera penciuman yang cukup untuk dapat menemukan kembali ibunya. Dia juga mampu membedakan antara tiga rasa dasar: manis, asin dan asam, dengan sedikit apresiasi untuk dua terakhir. Di sisi lain, ia masih buta dan tuli dan mendapatkan dua indera ini pada waktu hampir sama. Indera pendengaran muncul sekitar umur 5 hari, tetapi baru pada umur 14 hari anak kucing bisa menggerakkan dirinya ke arah suara. Dia akan mendapatkan keterampilan dewasa sekitar satu bulan usia dan kemudian akan mengenali suara ibunya. Anak kucing membuka matanya antara 7 dan 15 hari setelah lahir. Dia masih membutuhkan 3 atau 4 hari untuk beradaptasi terhadap jarak. Adaptasi dan akuisisi simultan dari indera penglihatan dan pendengaran memerlukan beberapa hari.

Anak kucing memiliki rasa keseimbangan pada usia yang sangat dini, bahkan pada saat dia masih berjalan dengan canggung. Dia agak sulit mengkoordinasi gerakan sebelum umur 2 minggu. Pada umur  sekitar 17 mulai berjalan dengan empat kakinya dan menjadi cukup terampil untuk menggaruk telinganya dengan kaki belakang,  sekitar umur 3 minggu usia. Pada umur 35 hari, anak kucing sudah bisa  mencakar dan menarik cakarnya.

Bagian tubuh utama

Bagian tubuh utama tidak berkembang pada tingkat yang sama. Anak kucing lahir dengan kepala yang relatif besar, dan kemudian bagian-bagian kepala mulai berkembang. Selanjutnya kaki kucing tumbuh jadi lebih panjang, akhirnya bagian lain tubuhnya berkembang sesuai proporsi tubuh pada saat dewasa.

Perilaku

Ada unsur bawaan dalam perilaku grooming, buang kotoran dan perilaku, tetapi semua perilaku ini juga diajarkan sangat cepat oleh induk kucing pada anak-anaknya. Pada umur 15 hari, anak kucing sudah bisa menjilat kaki depannya. Pada umur 30 hari, ia mulai melakukan pendekatan pertamanya ke kotak pasir dan menggaruk-garuk pasirnya.  Pada usia ini pula, anak kucing mulai bisa makan, meniru perilaku ibunya dan, memperoleh preferensi makanannya.

Pembelajaran perilaku komunikasi khusus untuk spesies kucing dimulai sekitar umur 3 minggu dan berakhir pada umur 7-8 minggu. Kegiatan bermain dimulai sekitar minggu ke-3. Sosialisasi intraspesifik ini terdiri dari  kontak dan permainan antara sesama anak kucing dan interaksi dengan induk kucing. Anak kucing belajar untuk tidak mengeluarkan cakarnya, dan tertarik pada "mangsa," serangga atau benda-benda kecil. Perilaku predator sudah terbentuk pada akhir bulan pertama. Pelajaran perilaku sosial yang diarahkan pada spesies ramah (manusia, anjing ...), juga berlangsung sekitar umur 3 minggu dan  berakhir sekitar bulan ke-3. 

Anak kucing juga harus berada dalam lingkungan yang  diperkaya dengan rangsangan visual, suara dan relasional. Dibelai, digendong beberapa menit sehari, ditempatkan di hadapan anak-anak, hewan lain, dikelilingi dengan berbagai suara, anak kucing akan menjadi semakin seimbang dengan lingkungannya. Tingkah lakunya ketika dia menjadi dewasa akan sangat tergantung pada keragaman lingkungan pada masa kecilnya.

Video

Langkah pertama anak kucing

Tidak ada pengalaman yang bisa menggantikan waktu beberapa bulan bersama anak kucing yang berkembang menjadi kucing dewasa. Perkembangan ini harus dilakukan dengan tenang,  dengan mengikuti beberapa aturan penting yang sesuai dengan ras kucing dan cara menyambut anak kucing yang baik di rumah, dan dengan memberikan anak kucing nutrisi dan perawatan yang akan memastikan kesejahteraan dan kesehatannya.

  • facebook
  • twitter